Review LG Gram 13Z970 13.3”: Keunggulan dan Kekurangannya

LG berhasil membuat gebrakan yang cukup mengesankan pada tahun lalu dengan merilis seri LG Gram-nya yaitu notebook LG Gram 14 dan 15. Dan tidak lama berselang, LG memberikan pilihan lebih kepada para konsumen dengan merilis LG Gram dengan varian 13 inci. Sebagai “bayi” dari ketiga seri LG Gram tersebut, varian 13 inci memang tampaknya sangat menarik di pasaran. Yuk mari kita lihat sama-sama apa saja yang ditawarkan oleh notebook ini.

Review LG Gram 13Z970 13 inch

Seperti namanya, notebook yang secara resmi dinamai LG Gram 13Z970 13.3” atau sering disebut LG Gram 13 ini memiliki layar dengan ukuran 13 inci. Keseluruhan badan notebook ini terbuat dari baja magnesium yang membuatnya sangat ringan. Berat keseluruhan notebook ini hanyalah 840 gram saja yang membuatnya menjadi salah satu produk notbook paling ringan khususnya untuk segmen notebook dengan layar 13 inci di pasaran saat ini. Dan tidak hanya itu saja, notebook ini juga sangatlah tipis dengan ketebalan hanya 15 mm saja.

Memang dimensi tersebut sangatlah menarik dan tidak bisa dipisahkan dari keputusan LG untuk menggunakan bahan magnesium untuk chassisnya. Akan tetapi sangat disayangkan, chassis yang memberikan dimensi yang sangat ringan ini ternyata cenderung berkesan “plastik”. Banyak orang yang mengira produk ini hanyalah notebook mainan saja karena melihat chassisnya.

Akan tetapi, mengenai hal ini, LG meyakinkan konsumen bahwa produknya tetap memiliki kekuatan yang bisa diandalkan meskipun menggunakan bahan magnesium dengan mengklaim bahwa panel notebook ini bisa menahan beban sampai 200 kgf. Bahkan LG membuat video untuk menguji kekuatan chassis tersebut.

Untuk masalah jeroannya, di bawah chassisnya, LG Gram 13 ini menggunakan prosesor terbaru dari Intel yaitu Kaby Lake. Ada dua jenis konfigurasi yang ditawarkan dan bisa dipilih yaitu Core i7-7500U (2.7GHz, 4MB L3 cache, dan intel HD Graphics 620) dan Core i5-7200U (2.5GHz, 3MB L3 cache, dan Intel HD Graphics 620). Kedua varian prosesor tersebut hadir dengan RAM berukuran 8GB serta kapasitas penyimpanan dengan tipe SSD sebesar 256GB.

Untuk urusan konektivitasnya, LG Gram 13 memiliki hampir semua port yang dibutuhkan dengan 2 port USB 3.0 dengan ukuran penuh, satu port USB Type-C yang sudah mendukung standar USB 3.1, pembaca kartu microSD, audio jack untuk ukuran 3.5mm, serta port HDMI dengan ukuran penuh. Sayangnya, port untuk Thunderbolt 3 belum tersedia. Notebook ini juga sudah menyediakan konektivitas nirkabel yang menggunakan adapter Intel Wireless-AC 8265 yang sudah mendukung kecepatan mencapai 867Mbps.

lg gram 13

Satu fitur yang menjadi highlight di LG Gram 13 ini adalah keberadaan DAC yang berasal dari Cirrus-Logic serta DTS Headphone: X. Untuk fitur yang disebut belakangan, hal tersebut adalah teknologi surround sound virtual. Memang masih belum banyak orang yang mengetahui apa itu teknologi surround sound virtual. Akan tetapi bagi orang-orang yang memahami teknologi ini, fitur ini bisa dibilang cukup menarik.

Touchpad dan keyboard LG Gram 13 terbilang sangat mumpuni. Jika dibandingkan dengan generasi pertama LG Gram yang sudah dirilis sebelumnya, keyboard LG Gram 13 ini sudah memiliki backlights yang membuatnya lebih nyaman digunakan saat berada di ruangan dengan penerangan yang minim.

Akan tetapi, meskipun fitur backlight sudah disematkan di keyboard, keyboard masih terasa kurang memuaskan lagi-lagi karena chassis magnesiumnya. Chassis tersebut akan membuat notebook terasa melengkung saat pengguna menekan keyboard. Untungnya ukuran touchpad yang tersedia cukup besar dan nyaman. Touchpad tersebut juga responsif serta akurat dalam penggunaannya.